SOSIOLOGI

BAB 1
 INTERAKSI SOSOIAL DAN PROSES SOSIAL
A.PENGANTAR
                Para sosiolog memandang betapa pentingnya  pengetahuan tentang  prose social ,mengigat  bahwa pengetahuan  prihal struktur masarakat belum  cukup untuk memeperoleh  gambaran yang nyata mengenai kehidupan manusia.pengetahuan tentang proses-proses social untuk memeperoleh  pengertian mengenai segi yang dinamis dari masarakat  atau gambaran masatrakat.proses social itu sendiri adalah caraberhubungan  yang dilihat induvidu  dan kelompok-kelompok social saling bertemu  dan menetukan  system  serta bantuk-bentuk hubungan  tersebut atau apa yang akan  terjadi apabila  ad perubahan  yang menyebabkan  goyahnya pola-pola  lkehidupan yang telah ada . Atau denagn perkataan lain , proses social duartikan  sebagai pengaruh timbal balik anatar pelbagi kehidupan bersama, misalnya pengaruh- mempengaruhi antar social dfenagn politik ,politik dengan ekonomi,dengan hukum,dst.
B.Interaksi social sebagai factor utama dalam kehidupan  social.
                Bentik umum proses sosial  adalah interksi social (yamg juga dapat dinamakan proses sosila ) karebna interksi social  merupakan syarat  utama terjadinya  aktivitas-aktivitas social .interaksi social  merupakan hubungan –hubungan  social  social yang dinamis  yang menyangkut hubunagn  antara  orang –orang perorangan  denagn kelompok  manusia .Interksi social antara  kelompok—kelompok  manusia terjadi  antara  kelompokj tersebut sebagai suatu kesatuan  dan biasanya  tidak menyagkut pribadi anggota –anggotanya .interksi social manuisa terjadi pula  didlam masarakat .interksi tersebut   lebih mencolok  ketika  terjadi benturan  antara kepentingan kelompok. Inrtksi social hanya berlangsung  antara pihak-pihak   apabila terjadi  reaksi terhadap dua belah pihak.interksi sosialk tidak akan mungkin terjadi apabila manusia  mengadakan hubungan yang langsung dengan sesuatu  yang sama sekali todak berpengaruh  terhadap system  syrafnya ,sebagai akibat hubungan termaksud.
Berlangsungnya suatu proses interksi didsarkan pada berbagai factor:
                Factor –faktor  tersebut  dapat bergerak sendidri secara terpisah  maupun dalam  keadaa tergabung .Apabila  masing-masing  ditinjau  secara lebih mendalam ,contohnya:
1.       Factor imitasi
Salah satu segi positofnya adalah bahwa  imitasi dapat mendorong seseorang untuk mematuhi  kaidaj-kidah dan nilai –nilai yang berlaku .namun demikian, imitasi  mungkin  pula mengakibatkan hal-hal yang negatife diman misalnya ,yang ditiru  adalah tindakan-tindakan yang menyimpang .
2.       Sugesti
Factor ini berlangsung apabila seseorang member suatu pandangan  atau sikap yang berasal dari dirirnya ynag  kemudian diterima oleh pihak lain.
3.       Identifikasi
Identifikasi  sebenarnya  merupakan kecendrungan  atau keinginan dalam diri sesorang untuk  menjadi sama denagn pihak lain .identifikasi  sifatnya lebih mendalam  daipada imitasi,karena kepribadain  sesorang dapat  terbentik atas dasar proses ini.
4.       proses simpati
sebernya merupakan  suatu proses diman seseorang  merasa tertarik  pada pihak lain .Didalam proses ini persaan  memegang  peranan  yang sangat penting , walaupun  doronagn utama pada adalah keinginan  unutk memahami  pihak lain untuk bekerja  sama dengannya.
                Hal-hal tersebut diatas  merupakn factor=factor minimal  yang menjadi dasar bagi berlangsungnya  proses interksi social  ,walaupun didalam kenyataannya  proses tadfi memang sangat  kompleks,sehingga  kdadng-kadang sulit mengadakn pembedaan tegas antar factor-faktor tersebut,akn tetapi ,dapatlah dikatakn bahwa factor imitasi dan sugesti lebih cepat ,walau pengaruhnya kurang mendalam bila dibandungkan dengan identifikasi dan simpati secar  relative agak lebih lambat proses  berlangsungnya .
B.syarat-syart terjadinya interksi social
              Suatu interksi social tidak akan terjadi apabila tidak memenuhi  dua syarat ,yaitu:
1.adanya kontak social (social-content)
Yang dapat berlangsung  dalam tiga bentuk ,yaitu antara individu ,antara individu  dengan kelompok ,antara kelompok,selain itu ,suati kontak  dapaty pula bersifat  langsung dan secara tidak langsung.
                2.adanya komunikasi          
Yaitu  seserang memeberi arti  pada prilaku orang lain ,persaan-perasaan apa yang ingin    disampaikan orang tersebut.
Dan dalam kontak social  dapay terjadi tigabentuk:          
1.antar orang perorangan
 social  ini adalah apabila anak kecil  mempeljari kebiasaan0kebisaan dalam  keluarganya ,proses demikian  terjadi melalui  sosiolisasi (socialization),myaitu suatu proses ,dimana  anggota masarakt yang baru mempelajari norma-norma dan nilai-nilai masarakt dimanadia mebnjadi anggota.
2.antara oranf perorangan  denagnsuatukelompok manisia atau sebaliknya
kontaK social ini adalah misalnya apabila  seseorang  mersakan bahwa tindakan-tindakannya berlwanan  denagn norma=norma  masarakat  atau apabila  suatu partai politik  memaksa anggota-anggoatnya untuk menyesuaikan  diri denagn denagn idiologi  dan programnya.
3.anatara suatu kelompok manusia  dengan kelompok manusia dengan kelompok manusia                    lainnya
Umpamanya  dalah dua partai politik  mengadakn kerja sma  untuk mengalaghkan  partai poltik yang ketiga  didalam  pemilihan  umum.Atau apabila dua buah perusahaan bangunan mengadakan suatu kontak untuk membuat jalan raya,jembatan, dan seterusnya. Perlu diketahui bahwa terjadinya kontak tidaklah  semata-mata tergantung dari tindakan ,tetapi juga tanggapan  terhadap tindakan tersebut.kontak social juga dapat bersifat positif dan negative. kontak social yang bersifat positif mengarah  pada suatu kerja ama ,sedangkan yang bersifat negative  mengarah pada suatu pertentangan atau bahkan sma sekali tidak menghasilkan suatu  interaksi soial. Dan pada suatu kontak dapat pula bersifat primer dan sekunder ,konyak primer terjadi apabila yang mengadakan hubungan langsung bertemu  dan berhadapan muka ,seperi,apabila orang-orang  tersebut berjabat tangan ,saling senyum,dan setrusnya. Sebaliknya  kontak sekunder  suatu perantrara,seperti, A berkata pad B bahaw C mengagumi perminananya sebagai pemegang  peranan utama  salah satu sandiwara,A sama sekali tidak bertemu dengan C,tetapi  telah terjadi kontak antara mereka,karena masing-masing mereka   memberi tanggapan , walaupun denagn perantar B.suatu kontak sekunder  dapat dilakukan  secara langsung.pada yang pertama ,pihak ketiga bersifat pasif,sedangkan pighk yang ketiga  sebagai perantara memepunyai peranan yang aktif  dalam kontak tersebut.Hubungan –hubunagn sekunder iru dapat dilakukan melalui alat ,misalnya,telepon,telegraf,radio,dst.dalam hal  A menelpon B ,maka terjdai kontak sekunder  langsung,tetapi apabila A meminta totlong supaya B di perkenalkan  degan gadis C mkontak tersebut  bersifat sekunder secara tidak langsung .
Arti terpenting komnikasi adalah bahwa  seseorang  memeberikan tafsiran  pada prilaku orang lain  (yang berwujud  pembicaraan,gerak-gerak, atau sikap),persaan-persaan  apa yang ingin disampaikan oleh orang lain tersebut.dengan adanya komunikasi  tersbut ,sikap-sikpa dan persaan suatu kelompok manusia atau perseorangan menetukan reaksi apa yang akan di lakukan .     
c..kehidupan yang terasing
                Pentingnya kontak dan komunikasi  bagi terwujudnya  interkasi social  dapat di uji terhadap suatu kehidupan  yang terasing (isolation).kehidupan yang terasing yang sempurna  di tandai  denagn ketidakmampuan  untuk mengadakn interksi social  dengan pihak-pihak lain. Kehodupan terasing dapat disebabkan karena  secara badaniah  seseorang samna sekali diasingkan dari hubungan  dengan orang-orang lainnya, Padahal perkembangan jiwa seseorang banyak di tentukan oleh pergaulannya  dengan orang lain.
                Tertasingnya seseorang dapat  pula di sebabkan oleh  kaerna cacat pada salah satu indranya . Dari beberapa  hasil penelitian ,ternyata bahwa  kepribadian orang-orang  mengalami banyak penderitaan akiabt kehidupan  yang terasing  karena cacat indra itu. Orang-orang  cacat tersebut akan mengalami rendah diri,karena kemungkinan –kemungkinan  untuk mengembangkan  kepribadiannya  seolah-olah  terhalang dan bahkan sering kali.terasingnya seseorang  mungkin juga disebabkan karena pengaruh  perbedaan rs atau kebudayaan  ynag kemudian menimbulkan prasangaka-prasangka . Misalnya  seorang amerika untuk pertram kali
                

0 Comments

Tag Terpopuler