1. PENGERTIAN
PIDATO INFORMATIF
Pidato
informatif adalah memberikan atau menyampaikan informasi kepada pendengar akan
sesuatu. Dalam pidato informatif, seorang pembicara menerangkan atau
menjelaskan pendapatnya tentang suatu pokok persoalan agar public
mengetahuinya. Di sini, pembicara menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada
public tentang informasi yang disampaikan itu.
Pidato informatif adalah pidato yang bersifat memberi tahu informasi. Pembicara berusaha menjelaskaan suatu masalah sejelas-jelasnya agar pendengar menjadi tahu dan paham. Untuk itu, pembicara menyampaikan contoh, perbandingan, keterangan ( grafik, gambar, bagan skema, denahdan lain-lain) yang semuanya itu sangat mendukung penjelasan agar tujuan pidato tercapai, yaitu pendengar menjadi tahu dan memahami apa yang disampaikan. Dalam pidato informatif, seorang pembicara harus menyajikan fakta-fakta yang berkaitan dengan informasi yang disampaikan agar pendengar sungguh-sungguh memahami maksud dan tujuan pembicara.
Pidato informatif adalah pidato yang bersifat memberi tahu informasi. Pembicara berusaha menjelaskaan suatu masalah sejelas-jelasnya agar pendengar menjadi tahu dan paham. Untuk itu, pembicara menyampaikan contoh, perbandingan, keterangan ( grafik, gambar, bagan skema, denahdan lain-lain) yang semuanya itu sangat mendukung penjelasan agar tujuan pidato tercapai, yaitu pendengar menjadi tahu dan memahami apa yang disampaikan. Dalam pidato informatif, seorang pembicara harus menyajikan fakta-fakta yang berkaitan dengan informasi yang disampaikan agar pendengar sungguh-sungguh memahami maksud dan tujuan pembicara.
Dalam
sebuah pidato yang berisi tentang suatu informasi dapat dihidupkan dengan humor
yang mendukung, asal saja tidak melupakan tujuan utamanya yaitu memberikan
informasi. Porsi humor dalam pidato jangan melampaui batas atau dengan kata
lain, humor lebih banyak daripada informasi yang disampaikan. Jangan sampai diberi
kesan bahwa pembicara tidak sungguh-sungguh dalam menyampaikan informasi.
2. PIDATO
PERSUASIVE
adalah pesan yang
disampaikan kepada sekelompok khalayak oleh seorang pembicara yang hadir untuk
mempengaruhi pilihan khalayak melalui pengondisian, penguatan, atau pengubahan
tanggapan (respon) mereka terhadap gagasan, isu, konsep, atau produk.
Upaya persuasive akan berhasil baik bila pesan yang disampaikan memiliki akibat sesuai dengan yang diharapkan: pesan tersebut dalam beberapa hal mempengaruhi pilihan khalayak.
Upaya persuasive akan berhasil baik bila pesan yang disampaikan memiliki akibat sesuai dengan yang diharapkan: pesan tersebut dalam beberapa hal mempengaruhi pilihan khalayak.
3. Tiga
tujuan pidato persuasive
a. Pembentukan tanggapan Salah satu tujuan pidato
persuasive adalah membentuk cara khalayak memberikan tanggapan. Pembentukan
dapat dilakukan baik khalayak mengetahui banyak tentang suatu topic maupun
tidak, tetapi akibat pembentukan begitu gambling terlihat pada saat khalayak
mengetahui sedikit tentang topil.
b. Penguatan
tanggapan Maksud kedua pidato persuasive adalah “penguatan” tanggapan bagi
sekelompok khalayak untuk mengharapkan kesinambungan perilaku yang sedang berlangsung
saat ini terhadap beberapa topic, gagasan, atau isu.
c. Pengubahan tanggapan Maksud ketiga pdato
persuasive adalah pengubahan tanggapan sekelompok khalayak untuk mengubah
perilaku mereka terhadap suatu konsep atau gagasan.
4. PENGERTIAN PIDATO REKREATIF
Pidato
rekreatif adalah pidato yang tujuan utamanya
adalah menyenangkan atau
menghibur orang lain. Namun demikian,
perlu disadari bahwa dalam kenyataannya ketiga jenis
pidato ini tidak dapat berdiri sendiri, melainkan saling melengkapi satu sama lain. Perbedaan
di antara ketiganya semata-mata hanya terletak pada titik berat (emphasis) tujuan
pokok pidato
5. PROPAGANDA
adalah komunikasi persuasif yang
diarahkan pada audiens yang spesifik yang dirancang untuk mempengaruhi opini
publik, dengan membentuk keyakinan dan emosi sedemikian rupa memperoleh suatu
tujuan tertentu, sehingga terjadi perubahan yang direncanakan dalam perilaku
publik. Informasi yang disampaikan oleh para pelaku propaganda mungkin benar
atau salah, nilai-nilai menarik mungkin tulus dipegang oleh para pelaku
propaganda, namun terkandan juga dimanipulasi. Propaganda terkadang dilakukan
oleh media cetak, elektronik yang itu terkedang merupakan tangan panjang dari
sosok politikus yang berkepentingan. Dalam panggung politik misalnya, seseorang
sengaja mempropaganda berbagai isu, demi kepentingan memperoleh kekuasaan atau
mengamankan posisi kekuasaan.
6. PIDATO IMPROMTU
adalah
pidato yang dilakukan secara tiba-tiba, spontan, tanpa persiapan sebelumnya.
Apabila Anda menghadiri sebuah acara pertemuan, tiba-tiba Anda dipanggil untuk
menampaikan pidato, maka pidato yang Anda lakukan disebut impromtu.
beberapa
keuntungan impromtu
a. Impromtu lebih dapat mengungkapkan
perasaan pembicara yang sebenarnya, karena pembicara tidak memikirkan lebih
dulu pendapat yang disampaikannya,
b. Gagasan dan pendapatnya dating
secara spontan, sehingga tampak segar dan hidup, dan
c.
Impromtu
memungkinkan Anda terus berpikir.
7.
PERANG URAT SYARAF
(PSYCHOLOGICAL WARFARE)
Perang urat saraf adalah suatu strategi yang dilakukan
oleh suatu pihak terhadap pihak lain (lawannya), dengan tujuan untuk melemahkan
pertahanan lawan. Cara yang biasanya dilakukan adalah dengan menyebarkan opini,
pemahaman dan pemikiran atau hal-hal yang dapat mempengaruhi dan membuat lawan
secara tidak sadar mengikuti apa yang diinginkan oleh si pembuat.
8.
PENGERTIAN OPINI PUBLIK
Opini public adalah suatu ungkapan keyakinan yang menjadi pegangan bersama diantara para anggota sebuah kelompok atau public, mengenai suatu masalah controversial yang menyangkut kepentingan umum.
Proses pembentukan opini public berasal dari opini-opini individual yang diungkapkan oleh para anggota sebuah kelompok yang pandangannya bergantung pada pengaruh-pengaruh yang dilancarkan oleh kelompok itu.Opini public biasanya diungkapkan setelah terjadinya pertentangan, pertikaian dan perdebatan mengenai beberapa masalah controversial yang menyangkut system nilai, doktrin dan kesehjateraan sebuah kelompok.
Menuru Hennesy yang mendefinisikan Opini Publik adalah kompleksitas keyakinan yang diungkapkan oleh sejumlah orang-orang tentang suatu persoalan mengenai kepentingan umum
Opini public adalah suatu ungkapan keyakinan yang menjadi pegangan bersama diantara para anggota sebuah kelompok atau public, mengenai suatu masalah controversial yang menyangkut kepentingan umum.
Proses pembentukan opini public berasal dari opini-opini individual yang diungkapkan oleh para anggota sebuah kelompok yang pandangannya bergantung pada pengaruh-pengaruh yang dilancarkan oleh kelompok itu.Opini public biasanya diungkapkan setelah terjadinya pertentangan, pertikaian dan perdebatan mengenai beberapa masalah controversial yang menyangkut system nilai, doktrin dan kesehjateraan sebuah kelompok.
Menuru Hennesy yang mendefinisikan Opini Publik adalah kompleksitas keyakinan yang diungkapkan oleh sejumlah orang-orang tentang suatu persoalan mengenai kepentingan umum
0 Comments